Menilik Sejarah Kosmetik

Buat para sekretaris, pasti membutuhkan kosmetik untuk mempercantik diri, walaupun hanya dandanan minimalis, tetap ada kosmetik andalan yang selalu tersedia di dalam tas.

Memiliki alat kosmetik bagi perempuan telah menjadi kebutuhan sehari hari.  Tidak harus mempunyai kosmetik yang lengkap, yang paling penting selalu siapkan bedak muka, lip gloss agar penampilan tidak terlihat kusam, dan parfum agar selalu fresh setiap saat. 

Mau tau sejarah ketiga kosmetik andalan ini?  Berikut sejarahnya.........

Bedak Muka

Bedak Muka bermula dari perempuan Mesir yang menggunakan campuran kapur dan tanah liat untuk muka.  Jangan salah.......ritual ini mereka lakukan bukan untuk mempercantik diri, melainkan untuk menjauhkan roh jahat.

Lama kelamaan.....fungsi campuran kapur dan tanah liat ini berubah menjadi campuran untuk menutupi wajah kecoklatan mereka.

Ratu Cleopatra bahkan menggunakan bedak muka yang terbuat dari kotoran buaya untuk kecantikan kulit wajahnya.  Sementara itu, para geisha di Tiongkok dan Jepang menggunakan tepung beras sebagai bedak muka.

Memasuki abad ke-20, ketika pertunjukan teater semakin diminati, permintaan bedak muka juga meningkat.  Oleh karena itu, banyak pihak yang kemudian melakukan eksperimen.  Hingga akhirnya pada 1923, perusahaan Inggris bernama Laughton and Son memproduksi compact powder pertama di dunia.

Lip Gloss

Lip Gloss sebagai salah satu pelumas bibir yang memiliki formula lebih liquid dan juicy dibandingkan dengan lipstick. 

Warna lip gloss kebanyakan bening dan lembut dan terlihat lebih natural, tetapi membuat bibir lebih berkilau.  Lip gloss diciptakan oleh perusahaan kosmetik Max Factor pada tahun 1930.  Awal penggunaan lip gloss dihadirkan untuk mendukung penampilan para aktris dan aktor di industri perfilman yang saat itu sedang berkembang pesat.

Produk lip gloss yang pertama kali diiklankan pada tahun 1932 adalah Max Factor's X-Rated.  Formula awal dari lip gloss ini dijual hingga 2003.  Setelah itu, produk ini tidak diproduksi lagi.  

Lip gloss yang mengandung bahan anti sinar ultraviolet pertama kali diiklankan oleh aktris yang dijuluki sebagai 'The First Lady of American Cinema' yakni Lillian Gish (1893-1993).  Kemudian pada tahun 1973, untuk pertama kalinya perusahaan kosmetik asal Ohio AS, Bonne Bell, memperkenalkan lip gloss dengan ekstrak buah strawberry bernama lip smackers.  Hingga saat ini, lip smackers masih populer di kalangan remaja perempuan.

Pewangi Tubuh/ Parfum

Meski wewangian telah dikenal sejak lama, rupanya bangsa Yunani yang membuat parfum atau pewangi tubuh untuk pertama kalinya.  Rupa parfum pada awalnya tidak seperti yang kita gunakan sekarang.  Parfum bangsa Yunani kuno lebih berupa minyak campuran berbagai macam bubuk harum.

Di Perancis, parfum banyak digunakan sejak zaman Louis XIII.  Namun sayang, setelah Revolusi Perancis, popularitas parfum menurun.  Kemudian timbul kembali pada zaman Napoleon Bonaparte, Ratu Josphine, misalnya tercatat sebagai tokoh yang sangat menaruh perhatian terhadap parfum.

Sumber : Ragam, Klasika Harian Kompas, Rabu, 18 Juni 2014

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Keluhan Kepada Pihak Bank

Kenapa Kebanyakan Sekretaris itu Perempuan ???

Suka Duka jadi Sekretaris