Gadget dan Gaptek


Buat rekan - rekan seprofesi sekretaris, saya mau urun pendapat soal kemajuan teknologi saat ini, terutama soal gadget yang semakin canggih.

Kalau dulu dosen seketaris selalu wanti -wanti bahwa di masa yang akan datang kemajuan teknologi komunikasi dapat menjadi boomerang atau sarana pendukung bagi pekerjaan sekretaris, hal itu terbukti banget saat ini.

Kemajuan teknologi, terutama dibidang komunikasi sangat berpengaruh dalam dunia kerja sekretaris.  Kecendurangan bos untuk memiliki gadget tercanggih demi menaikan gengsi dimata sesama pengusaha ternyata tidak dibarengi dengan pengetahuan mereka tentang fungsi fitur-fitur yang disediakan oleh produsen smart phone.  Hal tersebut sudah saya alami beberapa tahun belakangan.

Harus diakui, jika kemampuan bos menguasai smartphone hanya pas pas an, itu bisa menguntungkan untuk kita, karena mereka pasti akan terus menerus bertanya mengenai :


  1. Bagaimana cara mengirim, membaca dan membalas email
  2. Bagaimana cara men- setting jadwal, reminder dan point-point penting
  3. Bagaimana cara download, save atau sharing gambar atau foto
  4. dll
hal-hal diatas adalah pekerjaan sekretaris yang biasa kita lakukan secara manual, dan tiba -tiba dapat mereka handle sendiri, mungkin itu hal kecil yang terkadang mereka malu untuk menanyakan pada orang lain, dan imbasnya sekretaris yang akan dipanggil berulang kali ke ruangan mereka.  Hal itu bisa kita jadikan kesempatan untuk belajar banyak cara menggunakan alat komunikasi tersebut. Tidak perlu punya, tapi kita mengerti dan tidak gaptek, sehingga saatnya nanti kita dikasih kelebihan rejeki untuk membeli, kita sudah tau cara penggunaannya. Dengan begitu, atasan akan tetap tergantung pada kemampuan sekretarisnya.

Kalau sebagai sekretaris kita cenderung tidak mau tau atau tidak mau belajar hal- hal baru termasuk kemajuan teknologi komunikasi, maka akan jadi boomerang untuk kita, karena semakin atasan melek teknologi, sedikit demi sedikit, atasan akan lebih bergantung pada smart phone dibandingkan dengan sekretaris,  dan bisa jadi kita akan makan gaji buta, karena sekarang semua bisa diakses hanya dengan menyentuhkan jari ke ipad atau sejenisnya. 


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Keluhan Kepada Pihak Bank

Suka Duka jadi Sekretaris

Kenapa Kebanyakan Sekretaris itu Perempuan ???