Melek Informasi

Pernah ngalamin saat ditanya seputar informasi yang ada di media masa atau elektronik oleh atasan?  Pasti pernah dong.......saya sering banget ngalamin hal itu.    Yang paling sering ditanyakan adalah 'Kamu tau ga, kalau ada promo dari maskapai penerbangan 'A' ke Singapura?  Harga mulai 99.900 sekali jalan.  Coba kamu cari tau informasinya!'

Kalau kita jarang baca koran, pasti melongo ditanya begitu.  Apalagi kalau punya bos yang tidak  alergi dengan penerbangan yang discount, yang penting nyaman.  Tapi....kalau kita rajin baca koran, pasti kita tau maskapai apa sih yang menawarkan promo dengan  harga gila gilaan sampai 99.900? Bagaimana sih syarat dan ketentuan yang berlaku? Start penerbangannya dari mana sih? Jakarta. Surabaya? Atau dari Denpasar? Tau sendiri kan......kalau iklan promosi pasti dicetak dengan huruf besar, sedangkan syarat dan ketentuan yang berlaku ditulis dicetak dengan huruf seminim mungkin.........nah.....atasan kita pasti hanya membaca tulisan besarnya, tidak mungkin dia ikutan baca huruf kecil dibagian bawah.

Sebagai Sekretaris, kita harus membaca dan menyerap informasi sekecil apapun dengan teliti.  Seandainya setelah bos bertanya hal tersebut diatas, dan kita jarang membaca koran, pasti kita sudah langsung kalang kabut mencari koran apa ya?  Terbitan tanggal berapa sih? Masa sih ada maskapai yang baik banget ngasih harga?  Akhirnya waktu kita terbuang sia sia.  Lain hal jika kita selalu meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca koran, baik itu secara online maupun cetak, kita akan langsung bisa menjawab dengan yakin : 'oohh....maskapai 'A'  ya pak? Syarat dan ketentuannya harus begini dan begitu, harus terbang dari Surabaya, waktu terbang tidak bisa fleksibel sesuai kebutuhan, belum lagi ada biaya bagasi, administrasi, dll'  Jawaban yang taktis, akan membuat atasan berpikir 'ohhh.....berarti sekretaris saya sudah tau lebih dulu dan informasinya bisa dipertanggung jawabkan'  dan.......batal sudah keinginan untuk meminta kita mencari informasi tentang penerbangan promo.

Yuukk......sebagai sekretaris, luangkan waktu untuk membaca koran atau ngulik informasi melalui media online, supaya kalau tiba tiba bos bertanya, kita tidak terlihat bodoh dan gelagapan.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Keluhan Kepada Pihak Bank

Suka Duka jadi Sekretaris

Kenapa Kebanyakan Sekretaris itu Perempuan ???