Sarapan Buah untuk yang Sedang Diet

Buat sekretaris atau wanita yang lagi seneng - senengnya diet untuk mengejar target berat badan ideal, ada tips 'Sajian buah untuk sarapan'

Banyak yang bilang, sarapan buah tidak baik bagi pencernaan atau menimbulkan sembelit, terutama untuk yang tidak terbiasa makan buah di pagi hari.  Tapi buat yang sudah terbiasa dan tidak memiliki masalah dengan hanya makan buah, memasukan buah sebagai menu sarapan ternyata baik juga loh untuk tubuh kita, tapi tidak semua buah bagus untuk sarapan.  Nah.....berikut beberapa buah yang bagus untuk dijadikan menu sarapan :

Pisang

Buah pisang merupakan salah satu pilihan untuk sarapan dan memulai aktivitas.  Kandungan serat dan nutrisinya tinggi sehingga memberikan manfaat untuk tubuh kita.  Manfaat yang bisa kita dapatkan antara lain menenangkan perut, karena pisang ternyata memiliki sifat antacid yang bisa mengatasi sakit perut, selain itu pisang mengandung pektin, yaitu serat larut yang dapat membantu menormalkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit.

Pisang juga dapat mengatasi rasa lelah karena kaya akan kalium, yaitu mineral penting yang berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah.  Asupan kalium sangat penting untuk mengatasi kram otot dan kelelahan. Pisang mengandung vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan fungsi otak dan saraf sehingga sangat tepat dijadikan menu sarapan.

Ternyata selama ini banyak yang salah kaprah menyatakan bahwa pisang dapat menyebabkan sulit BAB.

Avokad

Banyak orang yang menghindari buah avokad dengan alasan khawatir dengan kandungan lemaknya.  Padahal, lemak yang dimiliki buah ini merupakan lemak tak jenuh yang justru menyehatkan.  Buah ini seharusnya menjadi daftar buah yang wajib dikonsumsi karena gizinya sangat padat.

Avokad menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh kita.  Seperti minyak zaitun, avokad dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik)  Kolesterol HDL dapat membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.  Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida, serta mencegah diabetes.  Sebuah studi yang dilakukan Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol buruk)

Pir

Satu buah pir mengandung 20% asupan serat yang disarankan untuk dikonsumsi dalam sehari.  Buah pir bebas dari lemak, kolesterol, dan sodium, namun kaya akan vitamin C, K dan kromium.  Apa aja sih manfaat buah pir? Ternyata buah ini melancarkan pencernaan, sama seperti pisang, buah pir juga mengandung pektin.  Serat dalam buah pir bisa membantu menghentikan diare.

Mengkonsumsi buah pir dapat membuat kita terhindar dari dehidrasi, karena buah ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memenuhi asupan cairan didalam tubuh.  Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pir mengandung vitamin A, K, C, B2, kalsium B3, B6, mineral, magnesium, dan kalium.

Sumber : Klasika Kompas, Selasa, 18 Maret 2014

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Keluhan Kepada Pihak Bank

Suka Duka jadi Sekretaris

Kenapa Kebanyakan Sekretaris itu Perempuan ???